Fungsi dari Piezometer untuk Pembangunan SPBU

Advertisemen
SPBU (Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umun) atau banyak yang bilang dengan sebutan pom bensin, siapa lagi yang tidak mengenal tempat ini. Iya SPBU atau pom bensin adalah tempat umum yang sering kita jumpai di sekitar pinggir jalan. SPBU atau pom bensin dibangun bertujuan untuk memenuhi kebutuhan masyarakat yang ingin mendapatkan bahan bakar. SPBU atau pom bensin adalah tempat dimana kendaraan bermotor berhenti untuk dapat mengisi bahan bakar mereka.

Di dalam SPBU atau pom bensin terdapat banyak jenis bahan bakar yang disediakan, untuk kendaraan beroda dua maupun beroda empat biasanya menggunakan bahan bakar seperti pertamax, pertalite, dan premium. Tetapi kalau kendaraan seperti truck, bis, dan kendaraan lainnya yang menggunakan mesin diesel biasanya menggunakan bahan bakar jenis solar. Banyak SPBU atau pom bensin yang juga menyediakan layanan tambahan. Misalnya, musholla, pompa angin, toilet, atm, mini market dan lain sebaginya. Dengan demikian para pelanggan akan merasa nyaman atas sarana dan prasarana yang telah diberikan oleh SPBU atau pom bensin.

Banyak orang mengenal SPBU tetapi jarang orang yang mengetahui bagaimana cara pembangunan SPBU. Tahukah anda bagaimana cara pembangunan SPBU ??? Di SPBU terdapat tangki penyimpanan bahan bakar yang nantinya akan dikubur di dalam tanah. Sebelum dilakukan penggalian pada tanah yang akan dijadikan tempat penyimpanan tangki bahan bakar SPBU, haruslah kita mengamati semua kondisi sekitar tempat yang akan kita jadikan SPBU tersebut. Termasuk juga untuk tanah yang akan dijadikan tempat tangki bahan bakar yang akan dikubur di dalam tanah.

Maka dari itu tanah tersebut harus kita perhatikan terlebih dahulu. Di dalam tanah banyak sekali kandungan airnya, jadi untuk mengetahui muka air tanah kita juga memerlukan alat khusus. Hal ini dikarenakan tangki nantinya akan dikubur ke dalam tanah maka pengamatan harus dilakukan untuk menghindari munculnya air dari dalam tanah yang bisa saja menyebabkan korosi lebih cepat pada tangki penyimpanan. Jika tangki penyimpan korosi dapat menyebabkan kebocoran pada tangki.


Sumber Gambar : http://bayusp.blogspot.co.id

Untuk mengetahui muka air tanah kita dapat melakukannya dengan alat yang bernama Piezometer. Karena Piezometer merupakan alat pressure tanah yang berfungsi untuk mengukur tekanan yang dihasilkan tinggi muka air tanah dan dapat untuk mengukur suhu pada tekanan fluida yang ada didalam tanah. Hal ini dilakukan untuk menghindari rembesan air yang keluar dari dalam tanah.

Setelah kondisi muka air tanah sudah diketahui oleh Piezometer, maka selanjutnya tanah bisa digali dengan kedalaman yang sudah diketahui agar tidak terdapat muka air tanah. Setelah tanah sudah digali lalu tangki dimasukan kedalam tanah yang sudah digali tersebut, kemudian dilakukan penyambungan pada tangki agar dapat menyalurkan bahan bakar ke tempat pengisian bensin. Sebelum tangki dikubur didalam tanah tangki harus terlebih dahulu diberi pelapis yaitu cat khusus agar tidak terjadi karat atau kebocoran karena suhu yang tidak stabil didalam tanah.



Sumber Gambar : testingindonesia.com





Tidak usah diragukan lagi memang Piezometer merupakan instrument pengukuran yang memiliki peran penting dalam pembanguna SPBU. Karena instrument atau alat yang digunakan untuk mengukur tekanan dan pori air di dalam tanah. Alat ini juga sering kali digunakan untuk pembuatan pondasi bangunan. Proses analisa tekanan air menggunakan sensor yang ada di dalam piezometer, nantinya data yang diterima dikirim menuju data logger dan dibaca melalui komputer menggunakan software khusus yang sudah diinstal.

Advertisemen

Disclaimer: Gambar, artikel ataupun video yang ada di web ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami disini.
Related Posts
Disqus Comments
© Copyright 2017 Instrument Pengukuran - All Rights Reserved - Created By BLAGIOKE Diberdayakan oleh Blogger