Hardness Tester Alat Pengukur Kekerasan Tablet

Advertisemen
Mungkin kita sudah tidak asing lagi dengan obat. Obat merupakan benda yang digunakan untuk merawat, mengurangi dan menyembuhkan penyakit. Kebanyakan obat yang diproduksi itu berbentuk tablet. Tentunya obat yang sudah diproduksi akan didistribusikan ke berbagai tempat.

Tapi pernahkah terpikirkan oleh kita bahwa obat yang telah diproduksi lalu didistribusikan akan mengalami kerusakan ? Nah, maka dari itu tablet harus memiliki struktur yang kuat agar saat pengiriman tidak mengalami kerusakan dan hancur.


Sumber Gambar : januspsikoloji.com

Lalu bagaimana caranya agar tablet tablet ini tidak mengalami kerusakan ? Jadi setelah diproduksi dan sebelum didistibusikan sebaiknya tablet dilakukan uji kekerasan. Mengapa harus ada uji kekerasan ? Uji kekerasasan ini memiliki tujuan agar tablet memiliki kekerasan yang aman dan tetap utuh sampai tujuan.

Uji kekerasan tablet ini kita dapat menggunakan alat atau instrument yang bernama Hardness Tester. Alat ini dapat mengukur tingkat kekerasan dan ketahanan tablet terhadap tekanan yang diterima oleh tablet. Alat ini juga dapat mengetahui standart kekerasan yang diterima pada tablet hingga menjadi retak.

HARDNESS TESTER

Tablet mengalami kekerasan karena dipengaruhi oleh struktur bahan yang digunakan dan tekanan kompresi. Tablet akan semakin berkurang kekerasannya seiring berjalannya waktu, semakin lama tablet maka semakin kurang juga kekerasannya.

Hardness Tester yang digunakan untuk pengujian ini adalah Pfizer tester, monsantor tester, dan strong cobb hardness tester. Pfizer tester dan Monsanto tester dioperasikannya secara manual. Pfizer tester cara menggunakannya adalah dengan cara memutar bagian knop spiralnya hingga beban menekan tablet sampai hancur.


Sumber Gambar : indiamart.com

Monsanto Tester memiliki bentuk seperti gunting atau tang dan penunjuk nilai pengukurannya masih berbentuk analog berupa jarum penunjuk ukuran. Cara menggunakannya, tablet diletakkan pada bagian plate tengah alat, kemudian alat ditekan dan jarum penunjuk akan bergerak dan mengetahui hasilnya.

Strong Cobb hardness tester merupakan alat uji kekerasan yang paling sering digunakan karena mudah digunakan. Tak hanya mudah digunakan, nilai pengukuran hasil ujinya berbentuk analog dan digital. Hardness tester jenis ini ada yang manual dan ada juga yang otomatis.


Perbedaannya, jika yang manual menggunakan tuas sedangkan yang otomatis menggunakan tombol untuk penekanannya. Alat pengujian hardness tester ini sangat penting dalam dunia farmasi.

Untuk pembelian hardness tester dengan harga yang terjangkau, silakan klik link ini : jual hardness tester


Advertisemen

Disclaimer: Gambar, artikel ataupun video yang ada di web ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami disini.
Related Posts
Disqus Comments
© Copyright 2017 Instrument Pengukuran - All Rights Reserved - Created By BLAGIOKE Diberdayakan oleh Blogger