Hubungan Piezometer dengan Proses Dewatering

Advertisemen

Pekerjaan galian untuk pembangunan gedung, seringkali terganggu oleh adanya air tanah. Oleh karena itu, sebelum galian tanah untuk pembangunan gedung dimulai kita sudah harus mempersiapkan pekerjaan pengeringan (Dewatering) agar air tanah yang ada tidak mengganggu proses pelaksanaan pembangunan gedung.


Sumber Gambar : http://www.hainesfire-risk.com

Bicara tentang Dewatering sebenarnya apa sih Dewatering itu ??? Dewatering (pekerjaan pengeringan) adalah pekerjaan sipil yang memiliki tujuan agar dapat mengendalikan air (air tanah/permukaan) agar tidak mengganggu/menghambat proses pelaksanaan suatu pekerjaan konstruksi, khususnya untuk pelaksanaan anggota struktur yang berada dalam tanah dan di bawah muka air tanah.

Pengaruh air tanah yang tidak dipertimbangkan pada proyek konstruksi dapat memicu suatu masalah yang besar. Kondisi air tanah yang pada mulanya kurang diketahui atau tidak diperhitungkan, dapat mengubah proses pelaksanaan dan bahkan dapat mengubah desain struktur, dan terakhir akan mempengaruhi biaya keseluruhan bangunan.

Sering kita jumpai, bahwa masalah air tanah yang tidak diinginkan dapat memicu terlambatnya penyelesaian proyek konstruksi, dan bahkan dapat memicu perubahan desain konstruksi secara drastis. Sebelum kita melakukan Dewatering maka kita harus mengetahui beberapa hal terlebih dahulu seperti Mengetahui jumlah debit air yang mengalir ke arah lubang galian, Mengukur kecepatan tingkat balik air tanah setelah dikuras, Setelah mendapat besarnya air tanah, maka dapat diketahui berapa banyak pompa air yang dibutuhkan, Mengukur radius penurunan muka air berdasarkan tingkat atau lantai pada bagunan, Bisa diketahui pada kedalaman berapa meter terdapat lapisan tanah yang kedap air.


Untuk mengetahui hal itu semua kita harus menggunakan alat khusus yang bernama Piezometer. Karena Piezometer alat yang digunakan untuk mengukur tekanan dan pori air di dalam tanah. Alat ini sering kali digunakan untuk pembuatan pondasi bangunan. Proses analisa tekanan air menggunakan sensor yang ada di dalam piezometer, nantinya data yang diterima dikirim menuju data logger dan dibaca melalui komputer menggunakan software khusus yang sudah diinstal.

Dengan alat ini, setiap beberapa meter kedalaman tanah bisa diketahui tekanan muka airnya. Lalu kita memasang sumur khusus untuk melakukan pemantauan terhadap muka air tanah. Kemduian pasang pompa dengan jumlah dan kapasitas yang sesuai dengan data pengukuran sebelumnya. Pada setiap sumur pemompaan harus dipantau naik atau turunnya permukaan air tanah. Proses pemompaan terus berlangsung meskipun pengerjaan galian pembangunan gedung sedang dilakukan.


Sumber Gambar :http://belajarsipil.blogspot.co.id

Memang benar dengan Dewatering proses pengerjaan konstruksi bisa berjalan dengan lancar, tapi proses Dewatering ini dapat menimbulkan efek samping yang kurang terhadap perumahan atau bangunan disekitar konstruksi karena pengaruh dari daya dukung tanah yang berkurang karena air tanah yang disedot melalui pompa. Maka dari itu, proses dewatering ini harus dilakukan dengan perhitungan yang matang agar tidak merugikan pihak manapun.
Advertisemen

Disclaimer: Gambar, artikel ataupun video yang ada di web ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami disini.
Related Posts
Disqus Comments
© Copyright 2017 Instrument Pengukuran - All Rights Reserved - Created By BLAGIOKE Diberdayakan oleh Blogger