Coating Thickness Gauge untuk Mengukur Ketebalan Cat

Advertisemen
CoatingTesting atau biasa di sebut pengujian lapisan ini adalah suatu metode atau cara dengan bantuan alat yang di gunakan untuk menguji suatu lapisan seperti cat. Pengujian lapisan coating testing ini terdiri dari adhesion testing, viscosity testing, coatings on metals, dan strength testing.

Di dalam cat yang dapat diukur adalah viskositasnya. Secara definisi, viskositas merupakan sebuah pengukuran dari ketahanan fluida yang diubah dengan tekanan maupun tegangan. Masalah yang kerap timbul pada vikositas ini kebanyakan dari ketebalannya maupun pergesekan internal.


Sumber Gambar : testingindonesia.com


Pengujian viskostas atau lebih dikenal bersama sebutan viscosity testing adalah sebuah langkah pengujian kekentalan cairan seperti cat, oli, minyak, dan zat cairan lainnya. Nilai viskositas dari cat merupakan hal yang penting untuk memilih hasil dari cat tersebut.

Karena kalau kita menggunakan cat yang nilai viskositasnya lebih rendah dibanding nilai normal, maka cat akan menetes dan mengalir pada lapisan yang mengakibatkan hasil dari cat jadi buruk. Dan sebaliknya, jika nilai viskositas cat lebih tinggi daripada standar atau normal, maka lapisan cat akan cacat dan timbul bintik.

Coating Thickness Gauge

Coating thickness gauge adalah alat ukur atau instrument profesional yang dapat mengukur ketebalan cat dengan mudah. Dengan tampilan khusus untuk mengukur lapisan non destruktif dan dapat melakuakan pengukuran dengan cepat. Hasil yang diukur juga akan tepat serta akurat dan mengukur dengan baik.
Sumber Gambar : testingindonesia.com


Cara menggunakan alat ini pun cukup mudah hanya dengan tempelkan alat pada objek yang dicat kemudian akan terlihat angka pada layar display. Setelah di tempelkan sebagian menit lalu data-data hasil pengukuran akan telihat pada layar display. Alat ini memiliki tingkat keakuratan yang tinggi sampai ±0,1 mm, agar bisa saja untuk keliru terlampau kecil.



Advertisemen

Disclaimer: Gambar, artikel ataupun video yang ada di web ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami disini.
Related Posts
Disqus Comments
© Copyright 2017 Instrument Pengukuran - All Rights Reserved - Created By BLAGIOKE Diberdayakan oleh Blogger