Fungsi Slope Monitoring System Untuk Kawasan Lereng

Advertisemen
Lereng merupakan permukaan bumi yang memiliki kemiringan tertentu. Kita dapat menjumpai lereng di kawasan seperti bukit, gunung, dan daerah tinggi yang lainnya. Lereng di Indonesia sekarang sudah banyak yang tidak stabil lagi kondisinya. Ini disebabkan oleh para penebang liar yang tidak mau bertanggung jawab yang menyebabkan tidak adanya lagi pohon pohon disekitar kawasan lereng. Padahal pohon di lereng sangat dibutuhkan untuk menjaga kestabilan tanah lereng agar terhindar dari longsor ketika hujan deras.

Hal ini disebabkan karena pohon dapat menghambat air jatuh langsung ke dalam tanah. Akar pohon yang kuat juga dapat menahan kondisi tanah agar pada saat hujan tidak mengalami longsor. Jika pohon pohon di lereng sudah tidak ada, para masyarakat yang bertempat tinggal di kawasan lereng akan merasa khawatir ketika hujan deras datang. Mereka khawatir akan terjadinnya bencana alam yaitu tanah longsor.

Sumber Gambar : geotechpedia.com
Dengan semakin banyaknya pembagunan dimana mana, termasuk juga di kawasan lereng sudah mulai banyak orang yang membangun kontruksi di sana. Tetapi kita harus memastikan kestabilan lereng, karena kestabilan lereng merupakan salah satu permasalahan yang biasa dihadapi oleh para pekerja kontruksi bangunan. Gangguan pada kestabilan lereng dapat mengganggu keselamatan pekerja, kelancaran bekerja, merusak peralatan kontruksi, merusak lingkungan alam dan masih banyak yang lainnya.

Kalau seperti ini terus jadinya kita butuh sistem pemantauan yang disebut slope monitoring. Pemantaun ini bertujuan untuk mengantisipasi terjadinya longsor dan menghindari terjadi korban jiwa ketika longsor menerjang. Slope Monitoring adalah sebuah alat yang berfungsi untuk memantau kemiringan pada lereng atau bidang miring.


Sumber Gambar : womp-int.com
Slope monitoring memiliki sensor canggih yang dapat memprediksi  dan memantau aktifitas tanah yang ada dilereng. Dengan menggunakan sistem global GPS, pemantauan dapat dilakukan dalam radius yang aman. Slope Monitoring juga dapat dipadukan dengan Inclinometer dan Piezometer untuk menambah daya akurasi data dalam melakukan pemantauan. Sensor Inclinometer tinggal dimasukan ke dalam pipa khusus untuk melindungi dari air dan tanah.

Dengan adanya Slope Monitoring kita tidak perlu khawatir lagi untuk bertempat tinggal di kawasan lereng. Karena slope monitoring sangat berperan penting bagi kita dengan tujuan untuk mengantisipasi terjadinya longsor di kawasan lereng. Maka dari itu sebelum kita ingin mendirikan bangunan di kawasan lereng, kita harus menggunalan slope monitoring untuk memantu kondisi tanah yang akan kita jadikan bangunan tersebut.




Advertisemen

Disclaimer: Gambar, artikel ataupun video yang ada di web ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami disini.
Related Posts
Disqus Comments
© Copyright 2017 Instrument Pengukuran - All Rights Reserved - Created By BLAGIOKE Diberdayakan oleh Blogger