Apa itu Roughness Tester ???

Advertisemen
Apa Itu Roughness Tester ???

Setiap permukaan komponen pada suatu benda pastilah berbeda beda, ada yang mempunyai beberapa bentuk bervariasi menurut strukturnya maupun dari hasil produksinya. Setiap industri haruslah mengetahui detail spesifikasi dari material yang akan digunakan mulai dari bentuk, ketebalan, ukuran dan tingkat kekasaran.

Roughness atau kekasaran pada umum didefinisikan sebagai tidak halusnya bentuk yang menyertai proses produksi bisa juga di artikan sebagai suatu ketidak halusan permukaan yang disebabkan oleh pengerjaan mesin produksi. Nilai kekerasan dinyatakan dalam Roughness Average (Ra). Ra merupakan parameter kekerasan yang paling banyak digunakan secara internasional.

Alat apa sih yang dapat mengukur kekerasan pada permukaan suatu benda ??? Alat yang biasa digunakan untuk mengukur kekasaran permukaan suatu benda disebut Roughness Tester. Apa sih yang dimaksud dengan Roughness Tester ??? Roughness Tester adalah alat ukur portabel untuk penentuan kekasaran permukaan menurut Ra, Roughness Tester ini dirancang khusus untuk mengukur kekasaran dengan cepat. Adapun jenis benda atau material yang sering diukur tingkat kekasarannya menggunakan roughness tester yaitu kaca, baja, plat besi, kayu, dan lainnya.


Sumber Gambar : pce-instruments.com


Prinsip Kerja Roughness Tester

Bagaimana sih prinsip kerja dari Roughness Tester ??? Jadi prinsip kerja dari Roughness Tester adalah menggunakan sensor transducer setelah itu data yang diterima diolah menggunakan microprocessor dan kemudian akan keluar nilai pengukuran pada layar monitor. Pengukuran menggunakan roughness tester dapat diterapkan untuk berbagai posisi (horizontal, vertical, datar, dan lainnya).
Sumber Gambar : testingindonesia.com


Cara Menggunakan Roughness Tester
Setelah mengetahui prinsip kerja Roughness Tester maka selanjutnya kita juga harus mengetahui bagaimana cara menggunakan Roughness Tester. Sebenarnya bagaimana sih cara menggunakan Roughness Tester ??? Alat ini merupakan alat portable berguna yang sangat praktis, mudah dibawa dan sangat mudah untuk digunakan. Agar lebih jelas, berikut ini cara menggunakannya :
  • Siapkan benda atau material yang akan diuji
  • Tekan tombol power pada roughness tester sampai keluar angka nol pada monitor
  • Tempelkan sensor di atas material dan diamkan sampai proses selesai
  • Nantinya akan keluar nilai hasil pengukuran pada monitor

Ada banyak jenis Roughness Tester yang bisa dipilih, tergantung dari kebutuhan industri. Namun, pastikan kita memilih instrument Roughness Tester dengan kualitas dan mutu yang baik. Mengapa kita harus memilih Roughness Tester dengan kualitas dan mutu yang baik ??? Agar nilai hasil pengukuran lebih akurat dan tepat. Karena kalau kita memilih Roughness Tester secara sembarangan mungkin hasil pengukurannya tidak akan akurat.
Advertisemen

Disclaimer: Gambar, artikel ataupun video yang ada di web ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami disini.
Related Posts
Disqus Comments
© Copyright 2017 Instrument Pengukuran - All Rights Reserved - Created By BLAGIOKE Diberdayakan oleh Blogger