HMP SON, Alat Untuk Penyelidikan Tanah

Advertisemen
Sebelum memulai pembangunan suatu bangunan haruslah terlebih dahulu kita melakukan uji  penyelidikan tanah. Hal ini merupakan tahap awal sebelum kita memulai pembangunan. Uji penyelidikan tanah ini bertujuan untuk mengetahui karakteristik serta kondisi geologi seperti mengetahui lapisan tanah, kekuatan tanah, dan daya dukung tanah menahan beban.

Sumber Gambar : kalimantansoil.com
Setelah selesai penyelidikan tanah kita bisa lanjut dengan pembuatan pondasi yang sesuai dengan kondisi tanah. Mengapa harus sesuai dengan kondisi tanah ? Ini akan menyebabkan bangunan menjadi kuat dan tahan lama meskipun terus dipengaruhi faktor alam.

Penyelidikan tanah dapat dilakukan langsung di lapangan dan juga di dalam laboratorium. Pengujian dilapangan dapat dilakukan dengan menggunakan alat yang telah di rancang untuk menusuk kedalam tanah, kemudian kekuatan tanah akan terekam lewat sensor dan bisa dilihat pada layar monitor. Sedangkan pengujian pada laboratorium menggunakan sampel tanah yang telah diambil dari lapangan. Tanah yang telah diambil dibawa ke lab dan akan diujikan untuk mengetahui tingkat kadar air, berat jenis tanah, densitas tanah dan lain-lain.


Sumber Gambar : tekniksipil.umy.ac.id
Pengujian ini biasa disebut dengan uji sondir. Pengujian Sondir merupakan salah satu pengujian penetrasi yang bertujuan untuk mengetahui daya dukung tanah pada setiap lapisan serta mengetahui kedalaman lapisan pendukung yaitu lapisan tanah keras.
Apa itu yang dimaksud dengan sondir ? Namun sondir sendiri adalah alat berbentuk silindris dengan ujungnya berupa konus. Umumnya pengujian ini menggunakan alat yang belum modern dan masih membutuhkan banyak orang yang membantu untuk mengoperasikan alat tersebut. Belum lagi ukurannya yang besar sehingga agak sulit untuk dipindahkan dari satu tempat ke tempat lainnya.



Sumber Gambar : bukalapak.com

Kini sudah ada alat sondir yang sangat efektif, ringan dan mudah dibawa kemana saja yaitu HMP SON. Cara kerja alat ini sangat mudah dan bisa digunakan siapa saja, pipa besi yang ada langsung ditancapkan ke dalam tanah dan sensor dibawah layar akan membaca kedalaman tersebut dengan menggunakan sensor ultrasonic.




Sumber Gambar : szkurlat.pl
Banyak bangunan yang tidak kuat karena tidak memperdulikan pengujian ini. Karena pengujian ini sangat berpengaruh untuk kita yang ingin mendapatkan bangunan yang kuat. Jadi sebaiknya kita memakai pengujian ini sebelum pembangunan dimulai.



Advertisemen

Disclaimer: Gambar, artikel ataupun video yang ada di web ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami disini.
Related Posts
Disqus Comments
© Copyright 2017 Instrument Pengukuran - All Rights Reserved - Created By BLAGIOKE Diberdayakan oleh Blogger