Piezometer Untuk Konstruksi Bangunan

Advertisemen


Tanah adalah area penyerapan air di bumi ini dibantu termasuk oleh tanaman dan area penampungan air di bumi seperti laut, danau, sungai dan masih banyak yang lainnya. Jumlah air di dalam tanah itu cukup banyak sebab tanahlah yang menyerap seluruh air yang ada di bumi. Kandungan air di dalam tanah sangat memengaruhi kesesuaian tanah. Peranan air di dalam tanah termasuk sangat penting bagi perkembangan tanaman serta penentuan kandungan air tanah. Maka bersama dengan itu harus adanya percobaan mengenai kandungan air di dalam tanah.



Sumber Gambar : satriamadangkara.com
Dengan tambah banyaknya manusia di bumi maka tambah banyak pula bangunan tempat tinggal di bumi. Tetapi apakah seluruh tanah di bumi sesuai untuk dijadikan lahan pembangunan ??? Jika kita ingin mendirikan suatu bangunan di atas permukaan tanah, maka kita harus mengetahui keadaan kandungan tanah dan tekanan air di dalam tanah supaya struktur tanah tidak sangat lunak dan dapat dijadikan sebagai area pondasi bangunan. Maka dari itu dibutuhkan alat khusus untuk mendeteksi tekanan air tanah. Bila kita ceroboh mendirikan bangunan maka dapat sangat berbahaya resikonya. Misalnya kita mendirikan bangunan tetapi kita tidak menyadari keadaan tanah, itu sangat berbahaya sebab kemungkinan saja bangunan kita tidak sesuai dengan yang kita inginkan sebab tanah tidak kuat menahan beban bangunan kita.
Kepadatan-Penduduk-30-8-2016-23.jpg
Sumber Gambar : aktual.com
Untuk mengetahui tekanan air tanah kita dapat melakukannya dengan alat yang bernama Piezometer. Dengan Piezometer kita dapat mengetahui tekanan air di dalam tanah. Jika kita mengetahui tekanan air di bawah tanah kita tidak perlu takut untuk mendirikan bangunan di atas permukaan tanah. Untuk keselamatan itu tidak ada harganya, maka dari itu tidak diragukan lagi keistimewaan dari Piezometer.
piezo.jpg
Sumber Gambar : testingindonesia.com
Sebenarnya apa itu Piezometer ??? Piezometer merupakan alat pressure tanah yang berguna untuk mengukur tekanan tinggi muka air tanah dan dapat untuk mengukur suhu terhadap tekanan fluida yang ada di dalam tanah. Hal ini dilakukan untuk menghindari terjadinya air yang keluar dari dalam tanah, yang akan mengakibatkan tanah akan jadi lunak dan tidak dapat dipakai untuk mendirikan bangunan. Piezometer merupakan instrument pengukuran yang tidak perlu lagi diragukan fungsinya, Piezometer sebetulnya alat yang sesuai untuk kepentingan kontruksi pembangunan. Tanpa adanya Piezometer kemungkinan kita akan kesulitan untuk mengetahui tekanan air yang berada di dalam tanah.
268812_171696982898029_126042320796829_418630_6112400_n.jpg
Sumber Gambar : perencanaanstruktur.com
Piezometer biasa juga digunakan untuk membangun pondasi bangunan bertingkat, mengetahui keadaan bendungan atau juga untuk pembangun SPBU. Peizometersangat berguna bagi pembangunan tersebut karena dengan alat itu dapat mengetahui tekanan air yang terdapat di dalam tanah. Piezometer termasuk memiliki manfaat masing masing bagi pambangunan itu semua.Tetapi kita harus pastikan Piezometer yang kita gunakan memiliki kualitas dan mutu yang baik dan berkualitas, sebab gesekan di dalam tanah cukup keras dan suhu di dalam tanah tidak stabil.
Advertisemen

Disclaimer: Gambar, artikel ataupun video yang ada di web ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami disini.
Related Posts
Disqus Comments
© Copyright 2017 Instrument Pengukuran - All Rights Reserved - Created By BLAGIOKE Diberdayakan oleh Blogger