Hardness Tester : Alat Pengukur Kekerasan

Advertisemen
Kekerasan merupakan suatu sifat mekanik yang ada pada material atau benda. Ukuran sifat mekanis yang terkandung pada material bisa diketahui dari Deformasi Plastis yaitu sebuah deformasi yang diberikan terhadap material sesudah itu di lepaskan permukaan material tidak kembali seperti semula.

Cara untuk mengetahui kekuatan atau kekerasan suatu material tidak mungkin hanya dengan cara perkiraan saja. Untuk mengetahuinya kita dapat melakukan Hardness Tester atau biasa disebut dengan uji kekerasan. Pengujian ini sangat memabantu kita dalam mengukur kekerasan pada sebuah material.

Pengujian ini sangat baik apabila kita ingin mengetahui pengaruh pengerasan terhadap material. Karena material yang sudah mengalami pengerasan kita dapat mengetahui perubahan kekuatannya. Untuk megetahuinya hanya dengan cara mengukur permukaan suatu material yang ingin kita uji.

Tentunya pada pengujian ini bisa dilakukan pada macam macam jenis benda. Tujuan dari pengujian ini adalah untuk mengetahui mengetahui karakteristik, ketahanan, dan kekerasan suatu material yang sedang diuji.  Dengan menggunakan alat ini pengukuran kita akan lebih tepat dan akurat.


Sumber Gambar : timeinstrumentindonesia.com


Hardness Tester

Untuk melaksanakan pengujian kekerasan ini kita butuh sebuah alat atau instrument pengukuran yang disebut Hardness Tester. Dengan memanfaatkan alat ini maka karakteristik terhadap sebuah material dapat diketahui dengan tepat dan akurat. Alat ini dapat digunakan untuk mengecek kualitas material.


Hardness Tester ini dapat membantu dan meringankan pekerjaan suatu industri yang tengah melaksanakan uji kekerasan. Karena hardness tester sangat gampang digunakan cocok dengan metode pengujian kekerasan yang tersedia yaitu Brinell, Rockwell, Vickers, dan Micro Hardness
Advertisemen

Disclaimer: Gambar, artikel ataupun video yang ada di web ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami disini.
Related Posts
Disqus Comments
© Copyright 2017 Instrument Pengukuran - All Rights Reserved - Created By BLAGIOKE Diberdayakan oleh Blogger