Uji Sondir untuk Menentukan Tanah Keras dan Daya Dukung Tanah

Advertisemen
Dalam melaksanakan proses pembangunan suatu konstruksi pasti sebelumnya sudah dipersiapakan dan direncanakan terlebih dahulu. Contohnya perencanaan pada pondasi yang akan menjadi tumpuan suatu bangunan. Untuk menyadari perencanaan tersebut maka harus dilakukan pengujian terhadap tanah.

Pengujian terhadap tanah bisa dilakuakan di lapangan maupun di laboratorium. Jika kita melakukan pengujian di lapangan maka kita memerlukan instrumen pengukuran yang dapat menganalisa kondisi tanah.

Adapun tujuan dari pengujian ini, pengujian ini bertujuan untuk mendapatkan informasi kondisi tanah, karena tanah akan dijadikan pondasi bangunan yang akan menopang beban bangunan.


Sumber Gambar : strukturexpert.wordpress.com


Sekarang kalau pengujian dilakukan di laboratorium bagaimana ? Kalau di laboratorium caranya membawa sampel tanah yang dibawa dari lapangan ke laboratorium lalu akan dianalisa menggunakan zat cairan yng dituangkan pada tanah.

Mengapa kita harus menguji kondisi tanah ? Untuk menyadari takaran air, kandungan, dan berat style tanah. Jika kondisi tanah tidak stabil maka bangunan kita bisa amblas dan rusak.

Pengujian tanah seperti ini biasa disebut uji sondir. Pengujian ini menggunakan alat khusus yang dioperasikan oleh beberapa orang di lapangan. Pengujian sondir berfungsi untuk membaca penetrasi konus, hambatan lekat tanah dan jenis tukar tanah

Alat Sondir Manual

Alat sondir manual, seperti namanya manual berarti cara penggunannya masih secara konvensional atau manual. Alat sondir ini cukup repot untuk mengoperasikannya karena kita harus membuat pondasi dahulu untuk meletakan kaki pada alat sondir agar tidak goyang saat pengujian.


Sumber Gambar : sondirsamarinda.blogspot.com


Pembuatan pondasi tersebut biasanya menggunakan Hand Bor yang diputar ke dalam tanah, sesudah menjadi lubang selanjutnya masukan besi untuk pondasi dan lubang tersebut ditutupi oleh tanah kembali. Cara kerja alat sondir manual juga harus dibantu beberapa orang untuk mengoperasikannya.

Jika kalian tidak mau repot repot seperti diatas kini sudah banyak alat sondir yang otomatsi. Saat ini telah ada pengujian tanah yang moderen hanya dengan menggunakan HMP SON kita bisa langsung melihat nilai pengujian.

Alat Sondir HMP SON

Alat sondir HMP SON ini sangat mudah untuk dioperasikan, dorong alat ini ke tempat yang akan diuji kemudian nyalakan dengan menekan tombol power. Setelah disetting, maka hammer akan berjalan untuk memukul besi dari alat ini. Besi akan masuk ke dalam tanah dan akan membaca sensor ultrasonic yang berada dibawah layar LCD.


Sumber  Gambar : testingindonesia.com

 


Nilai dari pengujian ini akan tersimpan otomatis di dalam monitor yang terdapat pada HMP SON. Di alat ini juga terdapat mesin cetak atau printer untuk mencetak hasil dari pengujian. Caranya layar harus dilepas dari tempatnya dan disambungkan dengan kabel printer, maka hasil pengujian bisa tercetak.


Jika Anda berminat untuk membeli HMP SON silakan klik disini : jual alat sondir
Advertisemen

Disclaimer: Gambar, artikel ataupun video yang ada di web ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami disini.
Related Posts
Disqus Comments
© Copyright 2017 Instrument Pengukuran - All Rights Reserved - Created By BLAGIOKE Diberdayakan oleh Blogger