HMP LFG, Alat Jitu untuk Mengukur Daya Dukung Tanah

Advertisemen
Jalan raya adalah suatu konstruksi yang selalu digunakan oleh kendaraan kendaraan. Jalan raya berfungsi untuk menghubungkan satu daerah dengan daerah yang lain. Biasanya jalan raya terbuat dari bahan aspal atau cor semen yang kuat dan mampu menahan beban kendaraan yang selalu melewatinya.
Sumber Gambar : indramayu.top

Tetapi terkadang banyak jalan yang mengalami kerusakan seperti retak, bolong, dan hancur. Mengapa kerusakan itu bisa terjadi ? Jadi sebelum melakukan pembuatan jalan sebaiknya lapisan tanah harus dilakukan penyelidikan. Sebab tanahlah yang akan menjadi lapisan dasar sebelum diberi aspal atau cor semen.


Sumber Gambar : madiunraya.com
Harus diperhatikan juga dalam pembuatan jalan raya, jika tanah terlalu lunak sebaiknya diganti dengan tanah yang lebih kasar. Karena jika menggunakan tanah yang lunak bisa menyebabkan kerusakan nantinya pada jalan, disebabkan tidak kuatnya tanah menahan beban kendaraan yang selalu melewati jalan itu.
Tadi sempat diberi tahu bahwa lapisan tanah harus dilakukan penyelidikan. Lalu apa sih fungsi dari penyelidikan tanah itu ? Penyelidikan tanah bertujuan untuk mengetahui karakteristik serta kepadatan tanah dan daya dukung tanah. Jadi jalan yang telah dibuat bisa menjadi tahan lama dan kuat.
Kebanyakan saat pembuatan jalan itu tidak memperdulikan penyelidikan tanah. Jadi hasil jalan yang dibuat tidak akan tahan lama. Ini dapat membahayakan bagi para pengguna jalan, bisa menyebabkn kecelakaan lalu lintas. Jadi sebaiknya janganlah dibiarkan terus menerus jalanan yang rusak itu terjadi.
Bicara penyelidikan tanah, sebenarnya alat apa sih yang bisa melakukan penyelidikan tanah ? HMP LFG, Alat ukur Daya Dukung Tanah. Alat ini berfungsi untuk mengukur kepadatan tanah, settlement dan daya dukung tanah. Cara kerja alat ini sangat sederhana yaitu plat besi (beban) ditempatkan pada area yang telah disiapkan untuk diuji dan mekasinisme pembebanan di posisikan pada pelat beban.


Sumber Gambar : tesingindonesia.com


Dengan menggunakan alat ini kita dapat dipermudah untuk mengetahui kepadatan tanah maka kita harus menggunakan alat bantu yang efesien ini.


 Sumber Gambar : youtube.com


Alat ini dapat langsung mencetak (print) hasil pengukuran baik dalam bentuk angka ataupun gelombang getaran. Selain itu, hasil pengukuran yang telah dilakukan dapat disimpan dan ditransfer melalui menu USB untuk dihubungkan dan dianalisa lewat perangkat laptop atau PC. Dengan menggunakan alat HMP LFG ini pengujian kepadatan dan daya dukung tanah menjadi lebih mudah dan cepat.
Advertisemen

Disclaimer: Gambar, artikel ataupun video yang ada di web ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami disini.
Related Posts
Disqus Comments
© Copyright 2017 Instrument Pengukuran - All Rights Reserved - Created By BLAGIOKE Diberdayakan oleh Blogger